Apakah Access itu Sejenis Kultus/Pemujaan?

Apakah Access itu adalah CULT/ Pemujaan?


Hello, Sahabat ceria! Semoga pada sehat dan penuh semangat dalam menjalankan aktivitas hariannya, ya! 
Masih ingat dengan artikel berbahasa Inggris dengan judul "Is Access a Cult?" yang kami postkan beberapa waktu lalu dan janjikan akan posting juga dalam versi bahasa Indonesianya? 

Itu loh, sebuah tulisan karya salah seorang fasilitator Access Consciousness bernama Chustisa Bowman, yang versi aslinya bisa kalian baca di di artikel "Is Access a CULT?" ini. 

Dan sesuai janji, yuk, berikut adalah versi Bahasa Indonesia yang sudah kami coba terjemahkan agar mudah dimengerti oleh teman-teman yang ingin membacanya dalam versi our native language, ok?

Apakah Access itu Sejenis Cult/Pemujaan?

Chustisa Bowman, the author.

Saya seringkali ditanya, “ Apakah Access adalah sebuah kultus/CULT? 

Hal ini mendorong saya untuk meneliti tentang apa sebenarnya kultus itu dan mengapa orang-orang memiliki ketakutan yang intens serta kegelisahan tentang kultus atau pengkultusan. 

Kapanpun orang berbicara tentang cult/kultus, memancing saya untuk menanyakan pertanyaan sederhana ini, "Apa yang kamu maksudkan dengan istilah kultus?" Dan saya menemukan bahwa ketika orang-orang berpikir tentang "kultus", mereka seringkali berpikir akan  se kelompok/komunitas rahasia yang dipimpin oleh seroang pemimpin karismatik dengan pengikut yang taat hingga fanatik, yang keyakinan atau praktiknya dianggap abnormal atau nyeleneh.  

Untuk kebanyakan orang, kata dari “kultus” memunculkan imajinasi gambaran orang-orang berpakaian aneh dengan kepala dicukur, menari, dan bernyanyi di sudut jalan yang sibuk, atau sekelompok kecil ekstremis yang bersembunyi di rumah pertanian terpencil. 

Kata ini dapat memunculkan gambaran se kelompok orang yang mengasingkan diri dari teman, keluarga, dan bahkan masyarakatnya, atau kelompok agama yang terlibat dalam praktik berbahaya, kriminal, tidak etis, dan licik. 

Istilah "kultus" sering digunakan secara umum oleh orang-orang yang mungkin tidak sepenuhnya menyadari arti dan konotasinya. Kebanyakan orang percaya bahwa kultus adalah sesuatu yang negatif yang menyimpang dari batasan opini masyarakat umum tentang apa itu "norma" atau apa yang mendefinisikan "kebaikan sosial". 

Konsepsi negatif kultus hari ini menyiratkan se kelompok spiritual yang memiliki keyakinan yang tidak normal, berkarakteristik/bersikap yang tidak normal, atau kepercayaan aneh, keyakinan yang sangat mengendalikan dan mengikat dan terlibat dalam praktik kriminal. 

Banyak ide seputar definisi kultus dibentuk oleh media (film, berita, dll). 

Jadi, apa sebenarnya kultus itu? 

Sebenarnya dalam pengertian aslinya, kata 'kultus' tidak lah  menyimpang. 
Berasal dari French Culte, dan berakar dari bahasa Latin cultus, yang berarti "peduli" dan "pemujaan." Ide itu berasal dari bahasa Latin cultus – bentuk lalu (past tense) dari colere, yang berarti "membudidayakan". 

Kata itu digunakan dalam arti "memuja" atau merujuk pada dewa. 
Buku Ensiklopedia dunia menjelaskan bahwa "secara tradisional, istilah kultus mengacu pada segala bentuk ibadah atau ketaatan ritual". 

Dengan kriteria itu, semua organisasi spiritual dan keagamaan dapat diklasifikasikan sebagai aliran sesat. Dalam teks-teks akademis, misalnya, kita sering dapat menemukan gereja Kristen mula-mula yang disebut sebagai kultus serta referensi untuk hal-hal seperti Sekte Perawan Maria. 

Sebaliknya, dalam penggunaan umum masa kini, kata "kultus" memiliki arti yang berbeda. Namun, tidak satu pun dari definisi aslinya adalah apa yang dipikirkan orang ketika mereka menuduh suatu kelompok sebagai aliran sesat. 

Sejak pertengahan 1900-an, publisitas tentang kultus telah menggeser arti awal mula dari istilah kultus dan mengubahnya menjadi konotasi yang jauh lebih menghina, negatif dan menghakimi. 

Saat ini, banyak orang menggunakan istilah tersebut untuk merujuk pada gerakan atau kelompok apa pun yang mereka anggap tidak standar atau berbahaya. Ini biasanya mencakup apa yang oleh penegak hukum dianggap kultus berbahaya atau merusak (seperti yang mempromosikan pembunuhan, pelecehan, atau bunuh diri). 

Sebelum memeriksa pertanyaan "Apakah Access sebuah kultus?", mari kita memikirkan tidak hanya definisi Buku Ensiklopedia Dunia, tetapi juga apa yang dikatakan oleh komentator terkemuka di bidang kultus dan sifat gerakan massa. 

Salah satu pemimpin pemikiran seperti itu, Eric Hoffer, seorang penulis buku terlaris, The True Believer, menyatakan bahwa "sebuah kultus (gerakan massa) menarik dan mempertahankan pengikut bukan dengan doktrin dan janjinya tetapi dengan perlindungan yang ditawarkannya dari kecemasan, kemandulan, dan ketidakbermaknaan keberadaan individu”. 

Namun, dia juga mengakui bahwa beberapa gerakan itu bagus, sementara yang lain tidak. Dia hanya melihat karakteristik dan taktik, bukan moralitas gerakan. Buku ini menyelidiki psikologi orang-orang yang frustrasi dan tidak puas, mereka yang dengan penuh semangat akan mengorbankan diri mereka sendiri untuk tujuan apa pun yang mungkin membuat hidup mereka yang tidak berarti menjadi bermakna. 

Orang-orang yang tidak terpengaruh berusaha untuk melibatkan diri mereka sendiri dalam gerakan-gerakan ini dengan mengadopsi sikap-sikap fanatik yang, menurut Hoffer, pada dasarnya merupakan pelarian dari diri sendiri. 

Hoffer menekankan bahwa "Bagi mereka yang frustrasi, gerakan massa (kultus) menawarkan perubahan untuk seluruh diri atau untuk elemen-elemen yang membuat hidup lebih kuat yang mana mereka tidak dapat bangkitkan dari diri mereka sendiri". 

Setelah mempelajari buku "The True Believer", saya memperoleh lebih banyak kejelasan dan kesadaran akan perbedaan utama yang membedakan Access dari apa yang saat ini didefinisikan sebagai aliran sesat oleh masyarakat umum, media, dan penegak hukum. 

Menggunakan definisi Hoffer, Access adalah apa yang dia gambarkan dalam bukunya sebagai "organisasi praktis". Eric Hoffer juga menjelaskan kontras antara organisasi praktis dan kultus, yang paling baik diringkas dalam kata-katanya sendiri, "Ada perbedaan mendasar antara daya tarik gerakan massa dan daya tarik organisasi praktis. 

Organisasi praktis menawarkan peluang untuk kemajuan diri. Di sisi lain, gerakan massa (kultus) menarik dan mempertahankan pengikut bukan karena dapat memuaskan keinginan untuk memajukan diri, tetapi karena dapat memuaskan hasrat untuk menyangkal diri. 

Kultus menawarkan pengganti yang mana untuk seluruh diri atau untuk unsur-unsur yang membuat hidup tertahankan dan yang tidak dapat mereka bangkitkan dari diri mereka sendiri. 

Di antara wawasan Hoffer tentang gerakan massa (kultus) adalah bahwa mereka adalah jalan keluar bagi orang-orang yang signifikansi individualnya kecil di mata dunia dan --- yang lebih penting --- di mata mereka sendiri. 

Dari sudut pandang Hoffer, Access memang merupakan organisasi praktis karena ini tentang memfasilitasi kesadaran, kesadaran, pengetahuan, dan pengembangan diri. 

Target Access adalah untuk memberdayakan individu setiap saat untuk mengetahui bahwa mereka tahu dan mengetahui bahwa mereka dapat memilih untuk melangkah ke dalam kehebatan mereka yang sebenarnya. 

Access tidak menawarkan pengganti untuk apa yang digambarkan Hoffer sebagai "keseluruhan diri" karena ini memberdayakan Anda untuk membangkitkan sumber daya, kesadaran, dan pengetahuan batin Anda sendiri. 

Eric Hoffer mengemukakan bahwa sebuah organisasi adalah kultus jika kekuatan organisasi berasal dari kecenderungan pengikutnya untuk tindakan bersatu dan pengorbanan diri, paling baik diringkas dalam kata-katanya sendiri, "Kesibukan utama dari gerakan massa (kultus) adalah untuk membina, menyempurnakan dan melestarikan fasilitas untuk tindakan bersatu dan pengorbanan diri ...., setiap kelompok atau organisasi yang mencoba, karena satu dan lain alasan, untuk menciptakan dan memelihara kesatuan yang kompak dan kesiapan yang konstan untuk pengorbanan diri biasanya mewujudkan kekhasan suatu gerakan massa (kultus)”. 

Sebaliknya, kekuatan dan pertumbuhan Access tidak bergantung pada kapasitasnya untuk membangkitkan dan memuaskan hasrat untuk melepaskan diri. Sebaliknya, itu mendorong orang untuk menghasilkan prioritas mereka untuk kemajuan diri. 

Sebenarnya, Access itu mengilhami orang untuk bersedia membiarkan diri mereka menjadi yang pertama dan terpenting dalam hidup mereka dan berhenti menjadikan kebutuhan, keinginan, dan keinginan orang lain sebagai sumber penciptaan. 


Apa yang dilakukan Access adalah menyediakan alat dan wawasan yang memberdayakan orang dengan kesadaran akan fakta bahwa mereka memahami, mengetahui, menjadi, dan menerima segalanya tanpa batas. 

Access memberdayakan orang untuk mengetahui bahwa mereka selalu memiliki pilihan. Ini tentang kesadaran, pilihan, dan kemungkinan, bukan pengecualian. 

Menurut Hoffer, kultus tidak dapat melakukan ini, karena jika mereka melakukannya, mereka akan menghancurkan diri mereka sendiri apabila mereka membiarkan individu memiliki kepentingan, pilihan, dan kesadaran diri. 

Hoffer menyatakan dalam bukunya bahwa, "sebuah gerakan massa pasti akan kehilangan banyak ketika ia mengendurkan kekompakan kolektifnya dan mulai menyetujui kemajuan diri sebagai motif aktivitas yang sah .... Hal yang sama berlaku untuk organisasi keagamaan dan revolusioner: apakah atau tidak mereka berkembang menjadi gerakan massa kurang bergantung pada doktrin yang mereka khotbahkan dan program yang mereka proyeksikan daripada pada tingkat pra-pendudukan mereka dengan persatuan dan kesiapan untuk pengorbanan diri". 

Dari sudut pandang ini, Access tidak sesuai dan tidak memenuhi kriteria sebagai kultus karena tidak mengharuskan orang untuk mengorbankan diri atau memiliki kemauan untuk membubarkan diri dengan kehilangan perbedaan individu mereka dalam keseluruhan kolektif yang kompak. 

Hoffer menekankan bahwa untuk menjadi bagian dari kultus dan keseluruhan yang kompak, para anggota kultus harus mengorbankan banyak hal. Kultus mengharuskan mereka untuk melepaskan privasi, penilaian individu, dan seringkali kepemilikan individu. 

Mereka harus menjadi pengikut fanatik (orang percaya sejati) dan menjalani hidup mereka dengan sudut pandang pemimpin kultus. Sebaliknya, pendiri Access tidak tertarik untuk mengumpulkan pengikut. Dia tertarik pada pemberdayaan dan dia mengatakan bahwa membuat orang lain mengikuti seorang pemimpin bukanlah kepemimpinan. 

Ada perbedaan antara seseorang yang mengambil alih dan seseorang yang menjadi pemimpin. Kultus mengambil alih hidup Anda. Seorang pemimpin sejati adalah orang yang tahu ke mana mereka pergi dan mengundang Anda untuk ikut jika Anda mau. 

Dan jika Anda tidak memilih, itu pilihan Anda. Selain itu, Access Consciousness tidak dapat dikatakan menyebarluas sebagai kultus karena Access mendorong orang untuk memahami dan mengetahui dan mengakui bahwa 'Tidak seorang pun dan tidak ada yang lebih berharga daripada kesadaran dan pilihan Anda dan yang paling penting untuk tidak pernah melepaskan sudut pandang Anda demi orang lain'. 

Access Consciousness tidak mengharuskan Anda untuk mengambil sudut pandang tentang apa pun. Itu tidak mengharuskan Anda untuk percaya apa pun. Anda bahkan tidak perlu percaya bahwa alat Access Consciousness akan bekerja , dalam upaya untuk mempelajari dan mempraktikkannya dengan sukses. 

Ini memudahkan Anda untuk mendapatkan apa sudut pandang Anda, karena Andalah yang tahu segalanya tentang hidup Anda dan apa yang benar untuk hidup Anda. 

Access menyarankan Anda untuk hanya melepaskan sudut pandang Anda jika Anda melihatnya sebagai batasan. Kesadaran Access tidak memiliki jawaban, hanya pertanyaan. Access Consciousness mendorong Anda untuk bertanya: 
Bagaimana jika sudut pandang Anda tidak harus menjadi batasan? 
Bagaimana jika sudut pandang yang Anda miliki adalah sebuah kemungkinan? 

Jadi ... Apakah Kesadaran Access adalah aliran sesat atau sumber pemberdayaan?



0 comments